25 Mar 2012

DAUROH DI SELTER

Hari ini, KAMMI UIN SUKA melaksanakan salah satu agenda kaderisasi yakni dauroh marhalah satu (DM1) gelombang dua. DM1 merupakan agenda kaderisasi yang bertujuan untuk merekrut kader baru. Kegiatan yang berlangsung tiga hari tersebut pada kesempatan kali ini dilaksanakan di selter Aksi Cepat Tanggap (ACT) di dusun Gondang Legi, Desa Hargo Binangun, Pakem, Sleman YK.
                Jika dilihat lokasinya, selter tersebut cukup representative untuk pelatihan atau traninng. Banyak ruangan inap, aula yang bisa menampung puluhan perserta dan masjid yang cukup luas nan bersih. Pengairannya pun lancar, airnya bening dan bersih. Selain itu terdapat satu dapur yang nyaman dan dilengkapi alat-alat masak. Fasilitas-fasilitas tersebut tentu sangat membantu kesuksesan training.
                Pak Yudi, pengelola selter yang saya temui orangnya ramah. Mungkin karena beliau sering mengurusi pengungsi yang ada di sana menjadikan mantan pengurus KAMDA Yogyakarta (sekarang bernama KAMWIL) tersebut terlihat sebagai bapak yang sabar dan santun. Saya pun kemudian mencoba lebih menghormati relawan lembaga kemanusiaan nasional tersebut.
                Alamat selter yang tidak begitu jauh memang menjadi pertimbangan sendiri bagi mahasiswa atau LSM yang ingin melaksanakan kegiatan di sana. Kadang kita mendapati lokasi training yang bagus namun terlalu jauh. Ada juga yang dekat namun fasilitas di bawah standar, selain itu biasanya tempat pelatihan yang terlalu dekat kurang representative dan efektif untuk kegiatan out door atau luar ruangan.
                Mencari lokasi yang tepat untuk pelatihan tidak hanya akan mempermudah panitia, tetapi juga kelancaran acara. Tempat pelatihan barulah dikatakan tepat jika memenuhi beberapa kriteria. Seperti adanya aula untuk acara-acara in door atau dalam ruangan. Aulanya pun lebih bagus lagi jika terdapat LCD, soud system, dan beberapa micro phone. Selain itu juga terdapat beberapa ruangan untuk menginap peserta dan panitia. Kemudian tempat mandi, dapur dan lokasi out bond juga tidak kalah penting untuk menunjang tercapainya pelatihan yang berkualitas.
                Selter ACT yang cukup strategis dan memenuhi criteria lokasi pelatihan ideal bisa menjadi referensi bagi lembaga atau instansi yang ingin melaksanakan pelatihan. Selter ACT yang sebagian besar penghuninya sudah kembali ke rumah asal direncanakan akan dirancang apik sebagai tempat khusus training. Tentu saja ke depannya tempat itu akan semakin bagus untuk pelatihan.
                Apa yang saya sampaikan ini bukan karena saya dibayar untuk promosi tempat. Namun ini kejujuran saya setelah melihat selter ACT yang bagus. DM1 ini, panitia digratiskan untuk menggunakan fasilitas-fasilitas yang ada tanpa dipungut biaya serupiah pun. Beliau, pak Yudi Cuma meminta space waktu untuk menyampaikan apa itu lembaga ACT dan kegiatan-kegiatan yang ada di dalamnya.
Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak Yudi dan ACT Atas kebaikan yang diberikan. Selain kerja keras pantia, DM kali ini mempunyai makna lebih karena bertempat pada lokasi yang stratgis dan representative. Semoga ACT menjadi lembaga kemanusian yang semakin besar dan semakin bermanfaat bagi umat.
                

0 komentar:

Posting Komentar

monggo dikoment...