21 Feb 2012

JOKOWI PATUT DITIRU

Pagi ini saya cukup lama menonton tayangan dan kiprah Jokowi. Jika melihat gaya bicaranya, wali kota Solo tersebut tampak low profile alias kalem. Namun raut mukanya juga menggambarkan pribadi yang tegas dan tanpa basa basi. Saat diwawancarai sebuah media swasta, beliau menjawab dengan jawaban sederhana diseratai senyum dan canda. Namun sekali lagi, dilihat dari track record, Jokowi termasuk pemimpin yang tegas dan berani mengambil keputusan.
Nama Jokowi kian marak diperbincangkan di media, gaya kepemiminannya yang jarang dilakukan oleh pemimpin masa kini, membuat ia dielu-elukan oleh masyarakat. tegas, merakyat, dan mau terjun ke lapangan. Setidaknya sikap itulah yang bisa saya tangkap dari sepak terjang pengguna mobil Esemka tersebut. Salah satu sikap tegasnya adalah ketika ia memberhentikan salah satu camat dikarenakan tidak mau memperbaiki sistim pembuatan Kartu Tanda Pensduduk (KTP) yang dinilai lambat dan menyulitkan masyarakat. Ia juga kerap melakukan sidak ke pasar-pasar dan infrastruktur lain di wilayah kekuasaananya; Solo.
Kepemimpinan Jokowi sontak menyedot perhatian publik, karena dinilai berhasil membangun kota Solo. Bahkan sempat muncul beberapa opini yang mengatakan bahwa Jokowi tidak hanya layak memimpin Solo tetapi juga layak memimpin Indoesia. Wali kota yang mempunyai nama panjang Joko Widodo tersebut, disandingkan dengan nama-nama besar tokoh nasional semisal Dahlan Iskan sebagai pasangan ideal capres 2014.
Apa yang dilakukan Jokowi tentu saja menjadi pukulan untuk pemimpin dan birokrasi di negeri ini. pada umumnya, banyak pemimpin yang plin-plan dan tidak progresif. Di sisi lain banyak pemimpin yang menyulitkan masyarakat ketika berhubungan dengan birokrasi yakni dipersulitnya mengurus perizinan, surat dan lain sebagainya. Bahkan lebih dari itu, terdapat pemimpin yang melakukan perselingkuhan degan penguasa-pengusa lain untuk memuluskan rencana pribadi dan golongan.
Semoga  para pemimpin mau mencontoh apa yang dilakukan oleh jokowi. Meskipun walikota Solo tersebut bukanlah orang yang sempurna, namun gaya kepemimpinannya dinilai lebih baik dan patut ditiru. Dan semoga makin banyak pemimpin di negeri ini yang benar-benar mempunyai mental pemimpin. Pemimpin yang mendedikasikan hidupnya untuk rakyat.

0 komentar:

Posting Komentar

monggo dikoment...