24 Nov 2011

KAMMI berbagi dibulan cinta


Manusia sebagai mahluk sosial tidak pernah terlepas dari kehidupannya sehari-hari. Islam pun banyak menyeru kaum untuk memperhatikan wilayah-wilayah social. Dalam hal ibadah seperti kewajiban Sholat secara berjamaah. sholat yang diikuti oleh lebih dari dua orang itu secara sosial mengajarkan manusia untuk hidup bersama. Begitu juga dalam hal muamalat. Banyak ayat Alquran maupun hadist yang menjelaskan tentang zakat, infak sedekah, menyatuni anak yatim, dan lain sebagainya. Dalil-dalil tersebut adalah tuntutan untuk hidup lebih baik secara sosial.
Anak yatim adalah anak yang ditinggalkan mati ayahnya selagi ia belum mencapai umur balig. Dalam Islam, anak yatim memiliki kedudukan tersendiri. Mereka mendapat perhatian khusus dari Rasulullah saw. Ini tiada lain demi untuk menjaga kelangsungan hidupnya agar jangan sampai telantar hingga menjadi orang yang tidak bertanggung jawab.
Nabi Muhammad yang anak yatim piatu  memeritahkan para sahabat dan kaum muslimin untuk menyayangi dan menyantuni anak yatim. Dalam hadist yang yang diriwayatkan oleh Abu Ya’la dan Thabrani beliau bersabda “Barang siapa yang mengikutsertakan seorang anak yatim diantara dua orang tua yang muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mencukupinya maka ia pasti masuk surga.”
KAMMI sebagai gerakan sosial Independen juga konsen dalam masalah sosial kemasyarakatan. Selain melakukan kegiatan peningkatan nalar intelektual, KAMMI juga mempunyai segudang aktifitas untuk memperbaiki permasalahan riil masyarakat. Seperti penggalanan dana untuk bencana alam, pembinaan agama, pemberdayaan masyarakat, menyantuni fakir misin dan anak yatim dan lain sebagainya.
“KAMMI berbagi dibulan cinta” adalah salah satu program KAMMI yang ditujukan untuk menyantuni anak yatim piatu. Kegiatan amal ini akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2011 di Panti Asuhan yatim piatu dan Fukara “arrahman” Magelang.
Dalam acara yang akan diadakan dari pagi hingga sore tersebut yakni:
1.      Khutbah iftitah
Ceramah pengantar untuk mensosialisasikan maksud dan tujuan adanya kegiatan “satu hari bersama anak yatim”.  Di isi oleh pak jeje Jaelani (Motivator).
2.      AMT (Achievement Motivation Training)
Motivasi yang diberikan kepada penghuni yayasan untuk terus maju menatap masa depan dengan karya gemilang. Sebuah upaya pencerahan untuk menggugah potensi dan daya ledak kecemerlangan.
3.      Makan dan nonton bareng anak yatim
Untuk menggugah rasa empati, pengurus KAMMI akan mengadakan makan bersama anak yatim. Nonton bareng diharapkan dapat menghadirkan keceriaan dalam kebersamaan.
4.      Telling story
Cerita renyah, unik, inspiratif dan edukatif. Sebuah sajian yang akan didongenkan oleh pendongeng professional kak Andi.
5.      Nasyid
Sambungan dari acara Telling Story untuk menambah semarak dan keceriaan anak-anak.
6.      Pemberian bantuan-bantuan donator dan kenang-kenangan kepada pihak panti asuhan.

Segudang acara mulia tersebut akan lebih bermakna dengan adanya uluran tangan dari para donator dan mayrakat umum. Donasi bisa disalurkan melalaui rekening 1207 036 267 atas nama Firas Bysi. Atau dapat langsung diantarkan ke Komisariat KAMMI UIN Sunan Kali Jaga Yogyakarta, Perum Polri Gowok Blok C IV 144 Depok Sleman YK.  
Donasi anda akan sangat berarti bagi mereka, seberapapun besarnya. Mari kita sambung kebahagian mereka meski hanya untuk satu hari. Semoga Allah SWT memudahkan urusan kita dan melapangkan rezki untuk hambanya yang bertaqwa. Amin.

NB: KAMMI juga menerima pakaian layak pakai, sembako dan barang-barang keperluan lain. Dan diutamakan untuk keperluan anak-anak.

  

0 komentar:

Posting Komentar

monggo dikoment...