19 Nov 2011

MAKNA UKHUWAH

MAKNA UKHUWAH
(disampaikan oleh ustad Arfiyansah dalam mabit
semua pengurus ikhwan KAMMI UIN SUKA)
Alhamdulillah amma ba’du . . .
Kedatangan kita kemari adalah untuk memikirkan sesuat yang besar. Kita datang kemari untuk satu tujuan yakni Alla SWT.  bahwa kita datang kemari untuk mengikuti sunnah rosulullah SAW.
Sebelum kita mulai, mari kita saling senyum dan bersalaman kepada teman di samping kita. Dalam perjalanan hidup kita, mungkin kita akan menemui orang yang kita anggap menjengkelkan, tapi ketika kita menimbangnya dengan kebaikan-kebaikannya maka kita akan menemui bahwa kebaikannya akan jauh lebih banyak.       
Kalimat ikhwan, ikhwah dan akh itu mempunyai perbedaan. Jikalau akh itu adalah persaudaraan karena nasab kalau ikhwan itu bentuk jamak dari akh, namun ikhwah lebih luas dari pada saudara senasab. Ikhwah adalah persaudaraan karena keimanan.
Dalam Al-quran Allah SWT berfirman “Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat” (al-hujarat ayat 10).
Pertama bahwa kita adalah bersaudara dan kita harus menyatukan saudara kita yang sedang bertikai. Untuk mendamaikan perselisihan itu maka kita harus mengingat kebaikannya dan menutupi aibnya. Dalam sebuah hadis disampaikan bahwa barang siapa membuka aib saudaranya di depan umum maka Allah akan membuka aibnya sebelum dia meninggal. Begitulah pentingnya ukhuwah untuk menyambung persaudaraan sehingga menjadi komunitas.
Setiap orang pasti mempunyai perbedaan, begitu juga dalam kehidupan berorganisasi kita akan menemui banyak perbedaan. Jikalau kita bertikai dalam sebuah organisasi itu hal yang biasa kecuali ketika pertikaian itu menjadikan kita berpecah maka itulah musibah. Allah SWT dalam ayat suci alquran melarang kita membuka air orang lain.
Beruntunglah orang yang selalu disibukkan dengan aib sendiri dari pada ia sibuk dengan melihat aib orang lain”. Kemudian Allah SWT juga berfirman “wala talmidzu anfusakum”  jangan kamu menghina dirimu sendiri dan jangan memanggil orang lain dengan sebutan yang buruk. Dalam siroh, Bilal pernah bertanya ketika melihat Rosulullah SAW sujud begitu lama. Kemudian Rosulullah saw bersabada bahwa 1 diantara 3 doanya tidak dikabulkan oleh Allah SWT. Doa tersebut yakni tentang permintaan beliau agar umatnya tidak mengalami perpecahan.
Jangan berharap kita mendapat pujian dari orang lain, Karena Allah SWT selalu melihat perbuatan kita. Ketika kita menjadi ketua, koordinator ataupun anggota sesungguhnya kita telah menempati posisi yang strategis. Yang perlu kita lakukan adalah memaksimalkan amanah-amanah yang diemban.  Maka teruslah bekerja dan jangan pernah mengharap pujian dari orang lain.
Hari ini kita tidak bisa melihat amalan  kita, namun ketika allah swt membuka catatan amal kita maka kita akan tercengan. Dalam suatu riwayat pernah ada orang yang biasa-biasa saja namun ketika dihisab ia mendapat pahala yang besar. Ia mendapat pahala seorang ulama meskipun dia bukan ulama, ia mendapat pahala pemimpin yang berhasil memajukan pemerintahan menjadi sejahtera padahal dia bukan pemimpin negara. Semua itu terjadi karena dia telah mendidik seseorang menjadi ulama, mendidik seseorang menjadi pepmimpin yang baik, dan mendidik banyak orang lainnya.
Allah SWT melarang kita untuk tidak banyak bersangka-sangka. Bisa saja ketika kita melihat salah seorang teman kita tidak hadir dalam suatu  rapat maka ulama mengajarkan untuk memberi  alasan-alasan baik kenapa orang tersebut tidak datang. Sebagai seorang muslim harus tetap khusnudzon tetapi harus diberangi dengan waspada. Artinya ketika dia tidak hadir maka kita harus bertabayun atas ketidak hadirannya. Jika ada kegiatan lain yang lebih bermanfaat, kita harus support, jika ia lalai ingatkan. Karena Allah SWT juga melarang kita untuk membicarakan aibnya.
Jika dalam sebuah organisasi terdapat permasalahan maka musyawarahkanlah baik-baik. Bila terjadi ketimpangan dalam wilayah kerja maka coba setiap koordinator bertemu dengan staf-stafnya dan mengevaluasi diri dan kemudian melakukan islah atau Melakukan perbaikan.
Hal penting yang haru diingat bahwasannya tidak semua anggota organisasi mengetahui setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemimpin. Atau pembicaraan pemimpin dan petinggi-petingginya. Ini adalah kode etik dalam sebuah organisasi atau pemerintahan, ada hal-hal yang bukan konsumsi publik. Sebagaimana Rosulullah ketika akan melakukan fathu mekkah beliau hanya membicarakannya dengan aisyah dan tidak membicarakannya kepada yang lain termasuk Abu Bakar. Dan hal itu bukanlah suatu aib atau dosa namun ia adalah etika.
Dan dalam kisah fathu mekkah itu ketika pasukan sudah siap maka Rosulullah kemudian menyampaikan kepada khalayak ramai bahwa beliau akan berniat menyerang mekkah. Begitu juga dalam organisasi mungkin ada rahasia yang tidak bisa dibeberkan kepada siapapun sampai datang pada waktunya.
Untuk meningkatkan kualitas dalam jamaah maka ada empat hal yang harus diperhatikan yakni:
1.      Jaga lisan dan jaga perbuatan
2.      Jaga baik sangka namun tetap baik sangka
3.      Jagalah hak-hak mereka
4.      Jaga sikap saling menghormati.
Hal-hal yang perlu dihindari diantara lain:
1.      Jangan buruk sangka dan  jangan sampai membunuh karakter
2.      Jangka mendzolimi orang lain atau saudara-saudara kita
3.      Hindari dendam kepada saudara kita
4.      Hindari memberi amanah yang tidak bisa dipanggul oleh bawahannya.
Rosulullah meminta agar menebar salam. Salam yang dimaksud bukan sekedar mengucapkan salam biasa yang kadang tidak berisi. Namun salam yang disampaikan dengan ikhlas . tanyakan bagaimana keadaanyya, keluarganya dan lain sebagainya.
Wallahualam bissowab….  
 Sebelum menutup taujihnya, ustad yang pernah menunutut ilmu di Libya itu  meminta kepada seluruh peserta mabit ikhwan untuk mentadabburi ayat-ayat yakni:
1.      Al hasr ayat 18
2.      At taubah ayat 46
3.      Maksimalisasi  surat al-ankabut ayat 69
4.      Dan buahnya adalah surat Fusilat ayat 30
Masjid Al-falah Gendeng, 19 Nov 2011

0 komentar:

Posting Komentar

monggo dikoment...