11 Mei 2011

13 TAHUN REVORMASI



Hari ini universitas Trisakti mengadakan upacara mengenang 13 tahun revormasi. 12 Mei tiga belas tahun silam terjadi kerusuhan yang melibatkan ratusan mahasasiwa trisakti dan telah memakan korban jiwa. Melalui aksi berdarah-darah itu Mereka menuntut diadakannya agenda reformasi pemerintahan. Dipelataran kampus itu ia mengenang perjuangan mahasiswa dalam tragedy bersejarah: Trisakti.
Rencana berjalan mulus, president Suharto sang pemimpin orde baru tumbang. Dihadapan media ia meyatakan pengundurannya dari kursi kepresidenan yang kemudian disambut oleh pekik mahasiswa dan rakyat dalam suasana mengharu biru. mereka bahagia, selama 32 tahun dikekang oleh kekuasaan  kini dapat menghirup udara kehidupan yang lebih demokratis.
 Namun di tiga belas tahun itu, pertanyaan-pertanyaan mulai bermunculan seputar reformasi. Pasalnya cita-cita reformasi yang diinginkan tidak kunjung datang dibumi pertiwi. Dalam cita-cita reformasi rakyat menginginkan dihapuskannya tindak pidana korupsi, ditingkatkannya mutu pendidikan, keadilan, kemakmran dan kesejhteraan social.
Pengangguran berserakan dipinggiran kota, pengemis seperti tidak habis, kerusuhan meraja lela, korupsi semakin menggila dan anak-anak putus sekolah. Itu lah sisa reformasi hari ini. Jika harus menalahkan, siapa yang hendk disalahkan. Apakah anak-anak polos yang meneriakkan reformasi itu ataukah memang seperti ini takdir tuhan: ada tidaknya reformasi negeri ini sudah ditakdirkan dalam pusara kemiskinan. Saking panjangnya penderitaan bangsa ini seolah lupa cara berharap.
Mahasiswa 1998 telah merampungkan misinya sebagai reformis. Ia telah berhasil mengantarkan bangsa Indonesia menuju gerbang kehidupan yang lebih baik. Keadilan mungkin belum datang namun mereka telah menuntaskan misi estafeta perjuangan. Dan sekarang giliran kita mengambil tongkat kepahlawanan itu kemudian membawanya menuju kehidupan bangsa yang lebih baik. 2011 memang bukan 1998, permasalahanya pun tidak sama. 2011 mempunyai karakter permasalahannya sendiri. Dan tugas kita adalah mencari akar permaslahan dan melakukan reformasi. Ya reformasi ditahun 2011.


0 komentar:

Posting Komentar

monggo dikoment...