29 Jan 2011

LEDAKAN PERLAWANAN DARI LUMUT KEBOSANAN

Beberapa hari yang lalu Tunisia berkobar. Negara mayoritas berpenduduk muslim itu sudah tidak tahan lagi melihat sikap diktator pemimpinnya. pemerintahan yang dikuasai zine al-abidine ben Ali tidak saja membawa kemakmuran bagi rakyatnya tetapi membawa kesengsaraan. Pemerintahan yang koruptif, banyaknya pengangguran, dan kemiskinan kini menyelimuti Negara itu. Untuk menutupi keslahannya pemerintah melakukan Tindakan represif terhadap rakyatnya. Dan akhirnya gelombang perlawanan menghantam kuat di negeri muslim itu hingga saat ini.
Hari ini Mesir pun ikut bergejolak. Terjadi aksi masa besar-besaran di negeri piramida itu. tercatat Sekitar 10.000 masa demonstran telah ditangkap. Selama berpuluh-puluh tahun Negara yang dipimpin oleh tangan besi husni mubarok dinilai telah membwa kesengsraan bagi rakyatnya. kemrosotan tidak hanya di bidang ekonomi saja tetapi juga di bidang politik, hankam bahkan kini pada level multidimensi. Dan akhirnya tuntutan bergema di seantero negeri: husni mubarok harus turun.
Sudah menjadi naluri manusia untuk melawan ketika dihadapkan pada ketidak adilan. Demontrasi di Mesir dan Tunisia adalah bukti perlawanan atas kecongkakan yang mengakar kuat dalam rezim. Harta mungkin saja lenyap, keluarga bisa jadi habis bahkan nyawa akan hilang, Namun yang jelas mereka meyakini sebuah kalimat: SEMANGAT PERLAWANAN HARAM PADAM. Dengan kalimat itu mereka hidup, mereka terhormat dan mereka Berjaya. Dan kini dua Negara timur tengah itu telah memilih takdirnya.
masa penuh tekanan telah membangkitkan semangat kemerdekaannya. Di bawah tekanan ia bekerja mengumpulkan tenaga, merangkai asa menjadi jaringan kokoh masa. Cara halus suda tak mampu lagi menundukan kesombongan. akhirnya Kesabaran mereka pun habis sementara sang penguasa tidak kunjung menyadari kesalahan. Maka hanya ada satu pilihan untuk mengembalikan kehormatan bangsa: Mengambil alih kekuasaan secara paksa.
dua Negara tersebut menjelaskan bahwa Selama ketidak adilan merajalela disitulah benih perlawanan akan tumbuh subur. Tunisia dan Mesir menjadi pemicu Negara-negara lain untuk memberontak. tidak peduli di Negara apapun itu. Baik itu negara maju seperi Amerika ataupun Negara berkembang seperti INDONESIA….!!!!

0 komentar:

Posting Komentar

monggo dikoment...